KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur
kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya dan tidak lupa pula sholawat serta salam kami panjatkan kepada Nabi
Besar kita Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari kebodohan menuju zaman
yang terang seperti saat ini.
Kami juga
mengucapkan terima kasih kepada ibu ATIKA, selaku dosen mata kuliah OMI serta
teman-teman yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini, sehingga kami
dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “LEADERSHIP atau PEMIMPIN”, kami
menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam makalah ini, sehingga kami
senantiasa terbuka untuk menerima saran dan kritik pembaca demi penyempurnaan
makalah berikutnya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassalammu’alaikum Wr. Wb.
Sidoarjo,
24 Maret 2015
Kelompok leader ship
DAFTAR ISI
KATA
PENGHANTAR………………………………………………..1
DAFTAR
ISI……………………………..………………………….....2
BAB I
PENDAHULUAN…………………………………………………......3
1.1 Latar
Belakang Masalah…………………………………………....3
1.2 Rumusan
Masalah………………………………………………….3
1.3Tujuan……………………………………………………………....3
BAB II
PEMBAHASAN……………………………………………………......4
2.1
Pengertian kepemimpinan………………………………...………..4
A. DEVINISI……………………………………….…………...4
B. FUNGSI – FUNGSI KEPEMIMPINAN …...…………………….4
C. SIFAT-SIFAT YANG
HARUS DIMILIKI PEMIMPIN ………......5
D. KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF........................................5
E. TIPE-TIPE
PEMIMPIN..........................................................6
F MACAM TUGAS PEMIMPIN. ………………………………....6
2.2 HUBUNGAN KEPEMIMPINAN,
MANAJEMEN DAN ORGANISASI......8
BAB III
PENUTUP…………………………………………………………......9
3.1
Kesimpulan…………………………………………………….......9
DAFTAR
PUSTAKA………………………………………………….10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh
pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan
organisasi, Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya
dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli,
pengrajin, atau praktisi, Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai
bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.
Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa
pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat
penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas, Dan memang,
apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon,
Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya kita
harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah
mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan pemaparan dari latar
belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut yaitu:
1. Apakah pengertian dari pemimpin?
2. Fungsi pemimpin?
3. Sifat – sifat seoarang pemimpin?
4. Tugas pemimpin?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan disusunya makalah ini
yaitu:
1. Untuk melengkapi tugas mata kuliah
OMI
2. Memahami konsep LEADERSHIP
3. Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan
tentang ilmu kepemimpinan
4. Mengetahui ruang lingkup kepemiminan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian kepemimpinan.
A. DEFINISI
“Kegiatan
mempengaruhi orang lain untuk bekerja keras dalam mencapai tujuanbersama”.
1.
Seni utk menciptakan kesesuaian paham.
2.
Bentuk persuasi dan inspirasi.
3.
Kepribadian yg memiliki pengaruh.
4.
Tindakan dan perilaku.
5.
Titik sentral proses kegiatan kelompok.
6.
Hubungan kekuatan / kekuasaan.
7.
Sarana pencapaian tujuan.
8.
Hasil dari interaksi.
9.
Peranan yang dipolakan.
10 Inisiasi struktur.
B. FUNGSI – FUNGSI KEPEMIMPINAN
1. Penentu, pembangun,
pemandu, pengawas dari arah usaha pencapaian tujuan.
2. Wakil dan juru bicara
organisasi dalam berhubungan dengan pihak luar.
3. Communicator yang efektif.
4. Mediator handal,
terutama dlm menangani konflik.
5. Integrator efektif,
rasional, objektif, dan netral.
6. Fact Finding:
menemukan visi dan misi.
7. Aligning:
Menselaraskan orang utk mencapai tujuan organisasi.
8. Empowering:
Memberdayakan orang utk mencapai cita2nya.
C. SIFAT-SIFAT YANG HARUS DIMILIKI PEMIMPIN
1.
Akhlak yang baik.
2.
Memiliki daya imajinasi.
3.
Berfikir menurut fungsinya.
4.
Mampu bersikap adil kepada semua.
5.
Memiliki banyak minat.
6.
Bersikap sebagai pendidik.
7.
Memiliki emosional yang matang.
8.
Bersiap sebagai perencana.
9.
Mampu menghormati diri dan orang lain.
10.
Teguhk, tegas, mampu mengorganisir dengan rapi.
11.
Bersemangat, energik, bersifat sebagai pelatih.
12.
Ekspresif (berbicara dan menulis).
13.
Logis, berpikir selalu tajam dan selalu siap.
14.
Bertanggungjawab, kreatif dan pekerja keras.
15.
Setia kepada semua kepentingan.
D. KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF
1.
Menciptakan wawasan untuk masa depan dengan mempertimbangkan kepentingan
jangka panjang organisasi.
2.
Mengembangkan strategi yang rasional untuk menuju ke arah wawasan tersebut.
3.
Memperoleh dukungan dari pusatkekuasaan dan seluruh anggota.
4.
Memberi motivasi yang kuat kepada kelompok inti dan seluruh anggota untuk
mencpai tujuan organisasi.
E. TIPE-TIPE PEMIMPIN
1. Tipe Otokratik
a.
Karakteristik negative, egois.
b.
Memutarbalikkan fakta.
c.
Sumber segala sesuatu dlm organisasi.
d.
Tujuan organisasi identik dg tujuan pribadi.
e.
Pembenaran segala cara dlm mencapai tujuan.
f.
Memperlakukan bawahan sama rendah.
g.
Mengutamkaan pelaksanaan dan penyelesaian tugas.
h.
Pengabaian peranan bawahan dlm decision making.
i.
Tdk mau menerima saran dan pandangan bawahan.
j.
Menonjolkan kekuasaan formal.
k.
Menuntut keta’atan penuh dari bawahan.
l.
Menegakkan dsiplin dengan kaku.
m.
Memberikan perintah / instruksi dg keras.
n.
Menggunakan pendekatan punitip jika bawahan salah.
2. Tipe Paternalistik
a) Umumnya terdpt pd masyarakat tradisional.
b) Popularitas disebabkan:
-
Kuatnya ikatan primordial.
-
Extended family system.
-
Kehidupan masyarakat komunal.
-
Peranan adat istiadat yg kuat.
-
Memungkinkan hubungan pribadi
yg intim.
c)
Legitimasi kepemimpinan utk mendominasi.
d)
Mengutamakan kebersamaan.
e)
Seolah2 ia tau segala sesuatu – “Guru”.
f)
Pemusatan pengambilan keputusan pd dirinya.
g)
Berperan sbg: pelindung, bapak, pemberi petunjuk
.
3. Tipe Kharismatik
a) Daya tariknya sangat memikat.
b) Mampu memperoleh pengikut yg besar.
c) Pengikutnya tdk selalu dpt menjelaskan mengapa ia
dikagumi.
d) Tidak dipersoalkan nilai, sikap, prilaku dan gayanya.
4. Tipe Laissez Faire
a)
Anggapan bahwa anggota taat
pada aturan.
b)
Pasif; membiarkan orang
berjalan menurut alurnya.
c) Prinsipnya: manusia memiliki solidaritas, kesetiaan, taat norma, dan b bertanggungjawab.
d)
Hubungan tasan-bawahan saling
mempercayai.
e)
Sikapnya cenderung permisif.
f)
Memperlakukan bawahan sbg
akibat adanya struktur & hirarki organisasi.
g)
Gaya kepemimpinannya:
-
pendelegasian wewenang secara
extensive.
-
Decision making diserahkan
pada pejabat lebih rendah.
-
Status quo organisasi tdk
terganggu.
-
Berfikir dan bertindak
inovatif / kreatif diserahkan pada anggota.
-
Intervensi pemimpin dalam
perjalanan organisasi minim.
4. Tipe Demokratik
a) Perannya selaku
coordinator dan integrator.
b) Pendekatan fungsi
kepemimpinannya: holistic dan integralistik.
c) Organisasi
menggambarkan dengan jelas tugas mencapai tujuan.
d) Perbedaan adalah kenyataan
hidup, harus terjamin kebersamaan.
e) Menjunjung tinggi
harkat, martabat manusia.
f) Menindak
pelanggar disiplin / etika kerja, korektif dan edukatif.
g) Mendorong bawahan
untuk inovatif dan kreatif.
h) Penghargaan kepada
bawahan yang berprestasi tinggi.
i) Sumber
daya dan dana hanya digunakan oleh manusia dlm organisasi untuk pencapaian tujuan.
j) Selalu
mendelegasikan wewenang yang praktis dan realistic.
k) Bawahan dilibatkan
aktif dalam proses decision making.
l) Pengakuan diri
didasari kemampuan dalam memimpin.
F. MACAM TUGAS PEMIMPIN
1.
Bekerja tulus – ikhlas karena Allah.
2.
Amanah, fathanah, tabligh, dan siddiq.
3. Mendidik anggota secara serius dan
menyiapkan regenerasi.
4. Kasih sayang merata kepada seluruh anggota.
5. Merencanakan program
secara tepat, menetukan tahapan strategi, dan sumber dana.
6. Mengelola orang sesuai kemampuan masing-masing.
7. Membangun iklim saling percaya dan berbaik
sangka.
8. Bersungguh-sungguh menyalakan cita-cita, mengukuhkan
tekad dan membangkitkan harapan dalam tim.
2.2 HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN,
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
“Organisasi
merupakan kumpulan dari orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan,
yang mana untuk mencapai tujuan tersebut memerlukan manajemen untuk mengatur
orang-orang tersebut, yang mana manajemen tidak akan berhasil apabila tidak ada
pemimpin di dalamnya dan seorang pemimpin pun harus memiliki ilmu kepemimpinan,
jadi antara Kepemimpinan, manajemen dan organisasi merupakan suatu sistem yang
tidak dapat berdiri sendiri dan tidak dapat terpisahkan”
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Kepemimpinan
merupakan salah satu topik yang sangat menarik dalam dunia organisasi. Apalagi
di tengah perubahan lingkungan organisasi yang begitu dinamis. Semakin banyak
perubahan yang terjadi, maka kepemimpinan-pun semakin dibutuhkan. Kepemimpinan
merupakan faktor penting dalam organisasi, karena kemampuan seorang pemimpin
dalam mempengaruhi anggota menjadi faktor dominan yang menentukan sukses
tidaknya suatu organisasi, pemimpinlah yang menjadi koordinator, motivator, dan
katalis yang akan membawa organisasi pada puncak keberhasilan. Oleh karena itu
orang selalu mengasosiasikan kegagalan atau keberhasilan organisasi dengan
pemimpinnya baik itu di perusahaan, lembaga pemerintah, politik, swasta maupun
badan sosial.
Daftar
Pustaka
Anthony, W.P., Parrewe, P. L., dan Kacmar, K.M. 1999.
Strategic Human Resource Management. Second Edition. Orlando: Harcourt Brace
and Company.
Bass, B.M. 1990. Bass and Stogdill's Handbook of Leadership. New York: Free Press.
Bass, B.M. 1990. From Transactional to Transformational Leadership: Learning to Share the Vision. Organizational Dynamics. Dalam Steers, R.M., Porter, L.W., dan Bigley, G. A. (Eds.). 1996. Motivation and Leadership at Work. Sixth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies. 628-640.
Bass, B.M. 1997. The Transactional-Transformational Leadership Paradigm Transcend Organizational and National Boundaries? Journal American Psychologist, 52: 130-139.
Bennis, W. 2000. Menjadi Pemimpin dari Para Pemimpin. Dalam Gibson, R. (Ed.). 1997. Rethinking The Future: Rethinking Business, Principles, Competition, Control, Leadership, Markets, and the World. Alih bahasa: Hikmat, K. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 249-275.
Daft, R.L. 1999. Leadership Theory and Practice. Florida: The Dryden Press.
Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., dan Donnely, J.H. Jr. 2000. Organizations: Behavior, Structure, Processes. Tenth Edition. Singapore: McGraw-Hill.
Kotter, J.P. 1990. What Leaders Really Do. Harvard Business Review, May-June, 103¬113. Dalam Steers, R.M., Porter, L.W., dan Bigley, G. A. (Eds.). 1996. Motivation and Leadership at Work. Sixth Edition. New York: The McGraw- Hill Companies. 620-627.
Luthans, F. 1995. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill.
Moorhead, G., dan Griffin, R. W. 1995. Organizational Behavior: Managing People and Organization. Fourth Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.
Yukl, G.A. 1998. Leadership in Organization. Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Bass, B.M. 1990. Bass and Stogdill's Handbook of Leadership. New York: Free Press.
Bass, B.M. 1990. From Transactional to Transformational Leadership: Learning to Share the Vision. Organizational Dynamics. Dalam Steers, R.M., Porter, L.W., dan Bigley, G. A. (Eds.). 1996. Motivation and Leadership at Work. Sixth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies. 628-640.
Bass, B.M. 1997. The Transactional-Transformational Leadership Paradigm Transcend Organizational and National Boundaries? Journal American Psychologist, 52: 130-139.
Bennis, W. 2000. Menjadi Pemimpin dari Para Pemimpin. Dalam Gibson, R. (Ed.). 1997. Rethinking The Future: Rethinking Business, Principles, Competition, Control, Leadership, Markets, and the World. Alih bahasa: Hikmat, K. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 249-275.
Daft, R.L. 1999. Leadership Theory and Practice. Florida: The Dryden Press.
Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., dan Donnely, J.H. Jr. 2000. Organizations: Behavior, Structure, Processes. Tenth Edition. Singapore: McGraw-Hill.
Kotter, J.P. 1990. What Leaders Really Do. Harvard Business Review, May-June, 103¬113. Dalam Steers, R.M., Porter, L.W., dan Bigley, G. A. (Eds.). 1996. Motivation and Leadership at Work. Sixth Edition. New York: The McGraw- Hill Companies. 620-627.
Luthans, F. 1995. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill.
Moorhead, G., dan Griffin, R. W. 1995. Organizational Behavior: Managing People and Organization. Fourth Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.
Yukl, G.A. 1998. Leadership in Organization. Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar